Sistem Informasi Rekam Medik Di Rumah Sakit Seluruh Aceh

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Rumah Sakit adalah salah satu dari penyelenggaraan pelayanan kesehatan atau lebih tepat disebut sebagai sarana kesehatan. Menurut Permenkes Nomor 159b/Men.Kes/Per/II/1998 tentang rumah sakit disebutkan sebagai sarana upaya kesehatan yang menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan serta dapat dimanfaatkan untuk pendidikan tenaga kesehatan dan penelitian. Penyelenggaraan upaya kesehatan di rumah sakit juga tidak lepas dari peran serta rekam medik pada setiap unit pelayanan kesehatan. Rekam medik adalah berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan, dan pelayanan lain kepada pasien pada sarana pelayanan kesehatan. Catatan-catatan tersebut kemudian diolah dan selanjutnya akan bermanfaat bagi pihak manajemen untuk mengetahui informasi mengenai data yang telah ada.
Sehingga rekaman pelayanan kesehatan dapat berfungsi sebaik-baiknya untuk tindakan pelayanan yang diperlukan. Munculnya transformasi paradigma rekam medik dari tradisional menjadi manajemen informasi kesehatan pada pertengahan tahun 1990-an merupakan reformasi baru di bidang informasi kesehatan yang dipicu oleh modernisasi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Perekam Medik dan Informasi Kesehatan yang profesional wajib memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai dengan standar kompetensi dan kode etik profesi.
Pada Rumah Sakit, proses penyampaian informasi yang berhubungan denganrekam medik pasien masih menemui jalan buntu, nyakni hanya dapat digunakan pada satu rumah sakit saja, hal tersebut dapat memperlambat kinerja suatu Rumah Sakit. Dengan berkembangnya teknologi informasi, setiap Rumah Sakit juga memerlukan agar terkoneksi ke seluruh Rumah Sakit khususnya yang ada di Aceh, hal tersebut supaya memudahkan setiap Rumah Sakit mengetahui semua riwayat dan data rekam medik pasien.
Untuk menyelesaikan persoalan diatas maka perlu untuk merancang sebuah aplikasi sistem informasi untuk membantu petugas rumah sakit dalam melakukan aktivitas yang berhubungan dengan rekam medik.  Sistem  informasi dijadikan sebagai alternative aplikasi sistem yang membantu dalam membuat informasi untuk rekam medik. Dengan programini, penyimpan data rekam medik pasien akan tersimpan secara lengkap dan aman.
Berdasarkan latar  belakang  diatas,maka penulis akan membangun“Sistem Informasi Riwayat Pasien dan Rekam Medik di Rumah Sakit Seluruh Aceh“.

1.2  Rumusan masalah
            Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.       Bagaimana membuat sistem informasi riwayat pasien dan rekam medik di Rumah Sakit seluruh Aceh?”
2.        Bagaimana membuat aplikasi yang dapat terkoneksi ke seluruh Rumah Sakit di Aceh?
3.   Bagaimana membangun sebuah aplikasi yang dapat mempermudah pembuatan laporan rekam medik sesuai dengan data yang terekam?

1.3  Batasan masalah
Adapun batasan masalah dari Sistem Informasi Riwayat Pasien dan Rekam Medik di Rumah Sakit Seluruh Aceh sebagai berikut:
1.      Sistem informasi ini mempunyai 3 hak akses yaitu pengunjung, operator dan admin.
2.    Sistem informasi ini tidak biasa mengakses harga yang harus dibayar oleh pasien untuk rumah sakit.
3.    Sistem informasi ini tidak menghasilkan laporan dokter menurut kabupaten dan menurut rumah sakit.
4.     Sistem informasi ini hanya menghasilakan laporan tentang riwayat pasien dan rekam medik pada rumah sakit di seluruh Aceh.
5.      Sistem informasi ini dibuat dengan menggunakan php dan mysql.
6.    Data inputan berupa data kabupaten, data rumah sakit, data poliklinik, data dokter, data pasien, dan data rekam medik
.
1.4  Tujuan penelitian
            Setiap penelitian harus memiliki tujuan yang jelas, dengan berpatokan pada tujuan yang telah ditetapkan tersebut, maka kegiatan yang dilakukan menjadi terarah, berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk memenuhi salah satu syarat menyelesaikan perkuliahan di S-1 Fakultas Teknik Universitas Jabal Ghafur.
2.   Mendesain dan menghasilkan suatu sistem informasi terkomputerisasi yang mampu membantu pelayanan pada Rumah Sakit di seluruh Aceh dalam menyajikan informasi pasien dan rekam medik.
3.      Mengaplikasikan ilmu yang telah penulis peroleh selama masa perkuliahan.

1.5  Manfaat penelitiaan
1.    Untuk Rumah Sakit
Dengan adanya sistem ini nantinya diharapkan dapat membantu staf maupun karyawan dalam melakukan pengolahan data rekam medik, serta mempermudah akses pencarian pasien kepada masyarakat, sehingga membantu meningkatkan pelayanan yang telah ada.
2.    Untuk Masyarakat
Masyarakat secara mudah dapat mengakses informasi terkait data riwayat  pasien pada seluruh rumah sakit yang ada di Aceh.
3.    Untuk Penulis
  •      Berkesempatan untuk menambah wawasan dan nuansa cara berpikir ilmiah.
  •      Mendapatkan pengetahuan yang mungkin belumdidapat di kampus.
  •   Akan lebih mengerti tentang sistem informasi yang dibuatnya karena sekaligus praktek mengimplementasikannya.

1.6  Keaslian Penelitian
Dari pengetahuan penulis, penelitian tentang Sistem Informasi Riwayat Pasien Dan Rekam Medik di Rumah Sakit seluruh Aceh sebelumnya belum pernah dilakukan oleh pihak manapun, baik desain maupun implementasi pada Universitas Jabal Ghafur Sigli.

1.7  Tinjauan Pustaka
Adapun tinjauan penelitian mengenai studi perpustakaan dalam membangun Sistem Informasi Riwayat Pasien dan Rekam Medik Di Rumah Sakit Seluruh Aceh adalah :
1.  Penelitian tentang Sistem Informasi Rekam Medik Rawat Inap Berbasis Web Pada BLUD Sigli (Khairunnisa, 2013).
2.  Penelitian  tentang  Perancangan  Sistem  Informasi  Pelayanan  Medis  rawat  jalan poliklinik kebidanan dan kunjungan pada RSUD kota Batam (Radiant, 2011).
3. Penelitian tentang  Perancangan Sistem Informasi Rekam Medik Pasien Pada Puskesmas Cengkareng (Siti Khomsinah, 2011).

1.8  Metode penelitian
            Dalam menyusun tugas akhir ini, penulis melakukan penerapan metode penelitian dalam memperoleh data-data yang dibutuhkan sehingga penyusunan tugas akhir ini dapat diselesaikan dengan baik. Adapun metode penelitian yang penulis lakukan adalah dengan cara :
a.       Penelitian Lapangan
Yaitu suatu aktivitas penelitian untuk mencari data-data yang lengkap dan akurat yang berkaitan dengan judul yang diteliti. penelitian lapangan dilakukan dengan observasi langsung kelapangan dan melakukan pencatatan terhadap penemuan yang dianggap perlu dilakukan.
b.      Studi Dokumen   
Yaitu untuk memudahkan dalam pengumpulan data, penulis meneliti dokumen yang mendukung penelitian.
c.       Penelitian Pustaka   
Yaitu suatu aktivitas penelitian dengan cara mengumpulkan data, informasi dan keterangan melalui buku-buku secara teoritis ilmiah ada hubungannya dengan masalah yang sedang diteliti.
d.      Wawancara (Interview)
Yaitu peneliti melakukan pertanyaan langsung kepada petugas rumah sakit  yang dianggap memiliki pengetahuan dan pengalaman terhadap permasalahan yang diamati.
e.       Pengamatan (Observasi)
Yaitu melakukan pengamatan langsung ke objek penelitian untuk mengamati secara dekat masalah yang dihadapi dan melakukan pencatatan terhadap temuan secara khusus. 

1.9  Sistematika Penulisan
            Penulisan laporan ini terdiri lima bab dengan rumusan-rumusan sebagai berikut :
BAB I           :     Pendahuluan yang meliputi latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, keaslian penelitian, tinjauan pustaka, metode penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II        :   Landasan teoritis, bab ini penulis menjelaskan beberapa hal yang berhubungan aplikasi Web Dinamis yang ingin dibangun penulis dan penjelasan mengenai : pengertian Sistem, pengertian informasi, sistem informasi, konsep dasar pengolahan data, pengertian internet, entity relationship diagram (ERD), data flow diagram (DFD), perangkat lunak pendukung, pengertian rekam medik.
BAB III          :  Perancangan sistem pada bab ini dijelaskan tentang file yang digunakan dalam perancangan sistem, perancangan database dan algoritma dari sistem yang akan dirancang.
BAB IV          :  Implementasi dan pembahasan didalamnya menjelaskan pengertian implementasi sistem, komponen_dalam_implemen- tasi sistem,_instalasi Apache PHP dan MySQL, proses yang sudah siap untuk dijalankan dan Desain Program (tampilan halaman WEB)
BAB V            :  Kesimpulan dan Saran pada bab ini, Penulis berusaha menarik kesimpulan dan saran yang bermanfaat bagi kemajuan sistem yang dibangun ini kelak.


0 Response to "Sistem Informasi Rekam Medik Di Rumah Sakit Seluruh Aceh"

Post a Comment